6 Jenis Pekerjaan Dalam Teknologi Informasi

Berbagai Jenis Pekerjaan Dalam Teknologi Informasi – “Teknologi Informasi”, atau TI singkatan yang lebih populer, adalah istilah yang cukup luas. Ini mencakup seluruh jajaran jalur karier yang menyimpang ke spesialisasi menarik dan menggiurkan di dunia digital. Jika Anda ingin bergabung dengan jajaran pakar TI, mungkin agak berlebihan untuk mencoba menguraikan dengan tepat apa arti semua jabatan ini terutama jika Anda mencari cara untuk memulai karir di bidang TI.

Untuk menghemat sedikit pekerjaan, kami telah mengumpulkan beberapa jabatan pekerjaan paling umum yang akan Anda temui selama penelitian, dan merangkum seperti apa masing-masing uraian pekerjaan dan keterampilan apa yang dibutuhkan. Berikut adalah jenis pekerjaan dalam teknologi informasi.

6 Jenis Pekerjaan Dalam Teknologi Informasi

1. Dukungan Teknis

Dukungan teknis umumnya adalah apa yang kebanyakan orang non-TI pikirkan ketika mereka membayangkan departemen teknologi informasi. Jenis pakar TI ini dapat dikenal dengan berbagai judul “teknisi meja bantuan,” “analis operasi,” atau “manajer masalah” tetapi pada akhirnya, tugas utama mereka adalah memberikan saran pemecahan masalah ahli kepada klien .

Baca: 10 Situs Freelance yang Wajib Dicoba Seluruh Freelancer

Dukungan teknis biasanya menangani masalah perangkat keras dan lunak di tingkat pengguna, membantu orang yang kurang paham teknologi dengan masalah komputer mereka menjadikan keterampilan komunikasi , penyelesaian masalah, dan pengetahuan teknologi yang lengkap sebagai aset.

Apa Saja Jenis Pekerjaan dalam Teknologi Informasi?

2. Pemrogram

Pemrogram komputer adalah otak di balik fungsi perangkat lunak mereka menulis dan menguji kode yang membentuk program perangkat lunak. Ini bisa berkisar dari permainan komputer sederhana atau pengolah kata sampai sistem operasi yang rumit dan sistem manajemen basis data.

Jenis keterampilan yang Anda butuhkan biasanya tergantung pada area spesifik yang Anda pemrograman tetapi perhatian terhadap detail, pemikiran logis, dan kerja tim adalah aset untuk menyelesaikan pekerjaan penting ini dengan benar.

3. Pengembang Web

Pengembang web sering memiliki pekerjaan yang paling terlihat. Merekalah yang bertanggung jawab membangun situs web dan infrastruktur di belakangnya membuat keseimbangan kreativitas dan kecakapan teknis yang cermat menjadi keharusan bagi mereka yang ingin bergabung dengan bidang teknologi informasi ini.

Baca: Memahami Generasi Komputer Dari Masa Ke Masa

Pengembang web juga dapat dikenal sebagai “produsen web,” “arsitek multimedia,” dan “insinyur internet”, membuat judul mereka beragam seperti portofolio pekerjaan mereka.

4. Analis Sistem Komputer

Analis sistem komputer adalah multitasker teknologi informasi; mereka harus memahami perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan jaringan dan bagaimana mereka semua bekerja bersama. Ini adalah bagian besar dari pekerjaan mereka untuk membuat rekomendasi kepada perusahaan mereka untuk sistem mana yang terbaik untuk digunakan, dan untuk menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan organisasi mereka termasuk biaya.

Pekerjaan ini membutuhkan banyak keterampilan yang berbeda, termasuk kemampuan untuk menganalisis informasi dengan cepat dan efektif, komunikasi yang sangat baik, dan kemampuan untuk membujuk saat diperlukan.

5. Keamanan Teknologi Informasi

Keamanan TI adalah salah satu bidang teknologi yang sedang naik daun di pasaran saat ini mereka bertanggung jawab menjaga keamanan organisasi dari serangan digital berbahaya. Ini termasuk menerapkan dan menjalankan perangkat lunak keamanan, memindai kelainan, meningkatkan sistem, dan menjaga perusahaan mereka mendapat informasi tentang risiko yang terlibat dalam kegiatan sehari-hari. Pekerjaan ini membutuhkan banyak penyelesaian masalah, manajemen krisis, dan komunikasi yang efektif antara anggota tim dan atasan.

6. Insinyur Jaringan

Insinyur jaringan memiliki banyak tugas dalam hal tugas mereka bertugas mengatur, mengelola, dan memelihara serta meningkatkan jaringan area lokal dan luas untuk suatu organisasi. Bergantung pada deskripsi pekerjaan, mereka mungkin juga bertanggung jawab atas keamanan, data, penyimpanan, dan pemulihan bencana.

Baca: 10 Peluang Kerja Online yang Harus Dicoba Sekarang

Karena beban kerja yang berat, gelar ilmu komputer biasanya diperlukan untuk melakukan pekerjaan ini secara efektif, tetapi keterampilan perencanaan, analisis, dan pemecahan masalah adalah semua aset bagi mereka yang ingin bergabung dengan jalur teknologi informasi ini.

Pamela Riley