Keterampilan Dasar Membaca

Keterampilan Dasar Membaca – Menjadi pembaca yang mahir membutuhkan penguasaan beberapa keterampilan dasar membaca yang perlu diterapkan secara bersamaan. Jelas, ini tidak terjadi dalam semalam.

Keterampilan dasar ini harus dipelajari terlebih dahulu dalam isolasi, kemudian ketika pembaca menjadi lebih mahir di masing-masing keterampilan tersebut, mereka dapat berproses dan menggabungkan keterampilan tersebut sampai mereka dapat membaca secara mandiri dengan pemahaman penuh tentang apa yang mereka baca. Keterampilan membaca dasar mencakup rentang dari fonik ke pemahaman.

Baca Juga: Teknik Membaca yang Berbeda dan Kapan Menggunakannya

Decoding

Mengurai kata atau mengucapkan kata-kata adalah langkah pertama dalam membaca. Anak-anak dapat memecahkan kode ketika mereka mengerti bahwa setiap huruf dari alfabet memiliki bunyi yang sesuai.

Baca Juga: Platform Rekrutmen Gradujuana Gagal Sampai Berganti Nama Menjadi Vangst

Anak-anak kemudian belajar cara melihat kata-kata dalam cetakan, mengisolasi setiap suara yang terpisah, kemudian menyatukan mereka untuk membaca kata tersebut secara keseluruhan.

Tujuan instruksi fonik adalah untuk memungkinkan pembaca menjadi mahir dalam mengurai kata sehingga mereka dapat membaca kata-kata sendiri dan dengan sedikit usaha.

Baca Juga: Tujuan dari Membaca

Kosa kata

Pembaca yang baik meningkatkan kosa kata mereka setiap kali mereka membaca dan mampu mengingat kata-kata ini ketika mereka melihatnya lagi. Mereka mulai dengan mengembangkan kosa kata sight word. Sight word adalah kata-kata yang sering sering ditemukan dalam pidato umum dan buku, seperti “the,” “is,” “was,” “was” dan “said.”

Baca Juga: Mengapa Membaca Itu Penting?

Secara umum, kata-kata ini tidak dapat diucapkan, sehingga pembaca harus menghafalnya. Pengetahuan tentang kata-kata ini sangat penting karena dapat ditemukan dalam buku apa pun.

Kefasihan

Kefasihan adalah kemampuan untuk membaca secara akurat dengan ekspresi dan pada kecepatan yang cocok untuk pemahaman. Pembaca yang lancar akan dapat membaca dengan lancar tanpa harus mengambil banyak waktu untuk mengeluarkan kata-kata. Mereka juga dapat menggunakan petunjuk konteks untuk mencari tahu kata-kata yang tidak diketahui.

Baca Juga: Apa Itu Membaca?

Kefasihan paling jelas terlihat ketika seseorang membaca dengan keras, tetapi juga bisa dilihat dari kemampuan pembaca untuk memahami apa yang mereka baca. Pembaca yang fasih dapat memperhatikan detail dalam sebuah buku karena mereka tidak harus menghabiskan banyak waktu untuk mengeluarkan kata-kata.

Pemahaman

Pemahaman adalah keterampilan membaca dasar yang berkembang ketika anak-anak belajar mengucapkan kata-kata dan mengenali kata-kata penglihatan. Semakin banyak mereka membaca, semakin mudah bagi mereka untuk mengingat hal-hal spesifik seperti karakter utama, pengaturan dan plot.

Baca Juga: 10 Keuntungan dari Membaca: Mengapa Anda Harus Membaca Setiap Hari

Saat keterampilan membaca berkembang, anak-anak akan mengembangkan keterampilan pemahaman lanjutan seperti menyimpulkan, mengevaluasi, dan menceritakan kembali.

Baca Juga: Inilah Cara Anda Kembali ke Dunia Bisnis Setelah Istirahat

Pamela Riley