Mengapa Membaca Itu Penting?

Mengapa Membaca Itu Penting? – Pernahkah Anda bertanya mengapa membaca itu penting? Dari waktu ke waktu orang bertanya-tanya mengapa membaca itu penting. Tampaknya ada begitu banyak hal lain yang berkaitan dengan waktu seseorang. Membaca itu penting karena berbagai alasan. Kami akan melihat beberapa alasan mendasar di bawah ini, tetapi penting untuk menyadari bahwa berjuang dengan keterampilan membaca yang vital bukanlah tanda dari kecerdasan yang rendah.

Baca Juga: Teknik Membaca yang Berbeda dan Kapan Menggunakannya

Sebagai contoh, John Corcoran, yang menulis The Teacher Who Could Could Read, adalah orang yang sangat cerdas. Dia lulus dari Sekolah Menengah dan Perguruan Tinggi, menjadi guru SMA yang populer dan kemudian menjadi pebisnis yang sukses, semuanya tanpa bisa membaca.

Banyak orang yang sangat cerdas telah berjuang dengan membaca; meskipun, ketika diajarkan dengan benar, kebanyakan orang dapat belajar membaca dengan mudah dan cepat.

Sekarang, jika seseorang seperti John Corcoran dapat berhasil tanpa membaca, mengapa membaca itu penting? Seseorang harus benar-benar membaca kisah Corcoran untuk mendapatkan perasaan malu, kesepian, dan ketakutan yang dialami sebelum dia belajar membaca.

Baca Juga: Tujuan dari Membaca

Dia mampu berhasil terlepas dari kecacatan utama ini karena dia adalah orang yang cerdas, berkemampuan dan tekad. Tapi, jangan salah, itu adalah kecacatan yang membuat hidup lebih sulit dan kurang menyenangkan.

Mengapa Membaca Itu Penting?

1. Membaca sangat penting untuk berfungsi dalam masyarakat saat ini. Ada banyak orang dewasa yang tidak bisa membaca dengan baik untuk memahami instruksi pada botol obat. Itu adalah pemikiran yang menakutkan – terutama untuk anak-anak mereka.

Mengisi aplikasi menjadi mustahil tanpa bantuan. Membaca jalan atau rambu peringatan sulit dilakukan. Bahkan mengikuti peta menjadi tugas. Kegiatan sehari-hari yang banyak orang anggap remeh menjadi sumber frustasi, kemarahan, dan ketakutan.

2. Membaca adalah keterampilan penting dalam menemukan pekerjaan yang baik. Banyak pekerjaan bergaji baik mengharuskan membaca sebagai bagian dari kinerja pekerjaan. Ada laporan dan memo yang harus dibaca dan ditanggapi.

Baca Juga: Keterampilan Dasar Membaca

Keterampilan membaca yang buruk meningkatkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyerap dan bereaksi di tempat kerja. Seseorang terbatas pada apa yang dapat mereka capai tanpa keterampilan membaca dan pemahaman yang baik.

3. Membaca itu penting karena mengembangkan pikiran. Pikiran adalah otot. Perlu latihan. Memahami kata-kata tertulis adalah salah satu cara pikiran tumbuh dalam kemampuannya. Mengajari anak-anak kecil membaca membantu mereka mengembangkan keterampilan bahasa mereka.

Ini juga membantu mereka belajar mendengarkan. Semua orang ingin berbicara, tetapi hanya sedikit yang dapat benar-benar mendengarkan. Kurangnya keterampilan menyimak dapat menyebabkan kesalahpahaman besar yang dapat menyebabkan hilangnya pekerjaan, putusnya pernikahan, dan bencana lainnya – kecil dan hebat. Membaca membantu anak-anak (dan orang dewasa) fokus pada apa yang dikomunikasikan orang lain.

Baca Juga: Apa Itu Membaca?

4. Mengapa membaca itu penting? Itu adalah bagaimana kita menemukan hal-hal baru. Buku, majalah, dan bahkan Internet adalah alat belajar yang hebat yang membutuhkan kemampuan membaca dan memahami apa yang dibaca.

Seseorang yang tahu cara membaca dapat mendidik diri mereka sendiri di bidang kehidupan yang mereka minati. Kita hidup di zaman di mana kita dipenuhi dengan informasi, tetapi membaca adalah cara utama untuk memanfaatkannya.

5. Membaca mengembangkan imajinasi. Game TV dan komputer memiliki tempat mereka sendiri, tetapi mereka lebih seperti hiburan. Hiburan berasal dari dua kata “a” (tidak) dan “muse” (berpikir). Hiburan adalah kegiatan tanpa berpikir.

Dengan membaca, seseorang dapat pergi ke mana saja di dunia, atau bahkan keluar dari dunia! Mereka bisa menjadi raja, atau seorang petualang, atau seorang putri, atau berbagai kemungkinan lainnya yang tidak terbatas. Orang yang bukan pembaca tidak pernah mengalami kebahagiaan ini pada tingkat yang sama.

6. Sejalan dengan hal diatas, membaca mengembangkan sisi kreatif orang. Ketika membaca untuk anak-anak, berhentilah sesekali dan tanyakan kepada mereka apa yang menurut mereka akan terjadi selanjutnya. Buat mereka berpikir tentang ceritanya.

Baca Juga: 10 Keuntungan dari Membaca: Mengapa Anda Harus Membaca Setiap Hari

Ketika sudah selesai, tanyakan apakah mereka bisa memikirkan akhir yang lebih baik atau apa pun yang akan memperbaikinya. Jika mereka benar-benar menyukai cerita itu, dorong mereka untuk mengilustrasikannya dengan gambar mereka sendiri atau untuk membuat cerita yang berbeda dengan karakter yang sama. Dapatkan jus kreatif mengalir!

7. Membaca adalah hal mendasar dalam mengembangkan citra diri yang baik. Orang yang bukan pembaca atau pembaca yang miskin bacaan sering memiliki pendapat rendah tentang diri mereka sendiri dan kemampuan mereka. Sering kali mereka merasa seolah dunia menentang mereka.

Mereka merasa terisolasi (semua orang bisa membaca – yang tidak benar) dan masalah perilaku bisa muncul. Mereka dapat berkinerja buruk di mata pelajaran lain karena mereka tidak dapat membaca dan memahami materi. Seringkali pembaca cenderung “menyerah.”

8. Mengapa membaca itu penting? Ayo terus, keahlian membaca yang baik, terutama dalam program membaca fonetik, meningkatkan ejaan. Ketika siswa belajar mengeluarkan huruf dan kata, ejaan menjadi lebih mudah. Juga, membaca membantu memperluas kosakata.

Membaca kata-kata baru menempatkan mereka dalam pikiran mereka untuk digunakan nanti. Melihat bagaimana kata-kata digunakan dalam konteks yang berbeda dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan kata dan definisinya daripada hanya fakta-fakta dingin dari kamus.

Baca Juga: Inilah Cara Anda Kembali ke Dunia Bisnis Setelah Istirahat

9. Ada pepatah lama, “Pena itu lebih kuat daripada pedang.” Gagasan yang ditulis telah mengubah nasib manusia dan bangsa menjadi lebih baik atau lebih buruk. Aliran gagasan tidak bisa dihentikan.

Kita perlu membaca dan meneliti untuk membangun ide-ide bagus dan mengekspos ide-ide buruk sebelum mereka membawa kehancuran. Hanya dengan membaca kita dapat dipersenjatai dalam perjuangan hidup dan mati yang tidak pernah berakhir ini.

10. Fakta kekuatan ide-ide tertulis yang dikomunikasikan melalui membaca adalah alasan mendasar mengapa beberapa pemerintah menentang komunikasi yang bebas dan jujur. Orang yang buta huruf lebih mudah dikendalikan dan dimanipulasi.

Mereka tidak dapat melakukan riset dan pemikiran mereka sendiri. Mereka harus bergantung pada apa yang diperintahkan kepada mereka dan bagaimana emosi mereka terombang-ambing. Ada kemungkinan bagus bahwa ini adalah salah satu alasan utama mengapa fonik dihapus dari sekolah sekitar 100 tahun yang lalu.

11. Akhirnya, mengapa membaca itu penting? Membaca itu penting karena kata-kata baik lisan maupun tulisan, adalah dasar kehidupan.

Anda, saat ini, adalah hasil dari kata-kata yang telah Anda dengar atau baca, dan yakini tentang diri Anda. Menjadi apa Anda di masa depan akan tergantung pada kata-kata yang Anda percayai tentang diri Anda sekarang. Orang, keluarga, hubungan, dan bahkan bangsa dibangun dari kata-kata. Pikirkan tentang itu.

Baca Juga: Platform Rekrutmen Gradujuana Gagal Sampai Berganti Nama Menjadi Vangst

Menurut Jonathan Kozol dalam “Illiterate America,” dikutip dalam “The Teacher Who Could Could Read,” tiga alasan utama mengapa orang ingin membaca adalah:

1. Untuk membaca Alkitab,

2. Membaca buku dan koran, dan

3. Untuk membantu anak-anak mereka.

Saya pikir semua orang dapat menyimpulkan bahwa membaca adalah keterampilan yang vital! Strategi membaca juga merupakan bagian dari pembelajaran membaca.

Pamela Riley