Teknik Membaca yang Berbeda dan Kapan Menggunakannya


Teknik Membaca yang Berbeda dan Kapan Menggunakannya – Setiap orang pasti memiliki teknik membaca yang berbeda-beda. Terdapat empat jenis utama teknik membaca adalah sebagai berikut:

Membaca sekilas

Membaca memindai

Membaca intensif

Membaca secara luas

Baca Juga: Tujuan dari Membaca

Membaca Sekilas atau Skimming

Skimming kadang-kadang disebut sebagai membaca intisari dari teks. Skimming dapat membantu untuk mengetahui teks tersebut berbicara mengenai apa di tingkat paling dasar. Anda biasanya dapat melakukan ini dengan majalah atau koran dan akan membantu Anda secara mental dan cepat memilih artikel-artikel yang mungkin Anda pertimbangkan untuk baca lebih dalam.

Baca Juga: Keterampilan Dasar Membaca

Anda biasanya membaca sekilas untuk mencari nama dalam direktori telepon. Anda dapat mencapai hitungan kecepatan bahkan 700 kata per menit jika Anda melatih diri dengan baik dalam metode khusus ini. Pemahamannya tentu saja sangat rendah dan pemahaman atas keseluruhan konten sangat dangkal.

Skimming Menghemat Waktu Anda

Skimming tentu akan menghemat banyak waktu.

Tetapi seperti yang dinyatakan di atas, itu bukan cara terbaik untuk membaca karena tingkat pemahaman Anda terhadap bacaan akan diturunkan.

Namun, membaca sekilas berguna ketika tujuan Anda adalah untuk melihat pratinjau teks untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang apa itu. Ini akan membantu mempersiapkan Anda untuk belajar lebih dalam.

Seperti yang dikatakan pakar dan penulis pembelajaran Pat Wyman dalam bukunya, Instant Learning for Amazing Grades, membaca sekilas adalah ide hebat untuk mendapatkan gambaran umum dan gambaran mental dalam pikiran Anda.

Strategi ini memudahkan Anda mengingat apa yang akan Anda baca.

Lihatlah daftar isi terlebih dahulu.

Tinjau subbab di setiap bab.

Baca paragraf pertama di bagian itu dengan cepat.

Periksa apapun dalam teks yang dicetak tebal atau miring.

Jika ada ringkasan bab, sekarang adalah waktu yang tepat untuk membacanya.

Ini benar-benar mempersiapkan otak Anda untuk memiliki gambaran tentang apa bab ini.

Anda kemudian dapat menggunakan pemindaian untuk menemukan ide-ide penting tertentu.

Baca Juga: Mengapa Membaca Itu Penting?

Membaca Memindai atau Scanning

Bayangkan diri Anda mengunjungi kota bersejarah, dan ada buku panduan di tangan Anda. Anda kemungkinan besar hanya memindai buku panduan untuk melihat situs mana yang ingin Anda kunjungi. Pemindaian melibatkan mata Anda dengan cepat menyelami kalimat dan digunakan untuk mendapatkan hanya sepotong informasi sederhana.

Menariknya, penelitian telah menyimpulkan bahwa membaca layar komputer sebenarnya menghambat jalur untuk pemindaian yang efektif dan dengan demikian, membaca kertas jauh lebih kondusif bagi pemahaman teks yang cepat.

Sesuatu yang terkadang tidak cukup penting bagi siswa untuk dibaca adalah ilustrasi pada teks. Ilustrasi tersebut harus dimasukkan dalam pemindaian Anda. Berikan perhatian khusus pada pengantar dan kesimpulannya.

Membaca Intensif atau Intensive

Anda harus memiliki tujuan yang jelas ketika melakukan membaca intensif. Ingat ini akan jauh lebih memakan waktu daripada membaca memindai atau membaca sekilas. Jika Anda perlu membuat daftar kronologi peristiwa dalam sebuah paragraf panjang, Anda perlu membacanya secara intensif.

Baca Juga: Apa Itu Membaca?

Jenis bacaan ini memang bermanfaat bagi pembelajar bahasa karena membantu mereka memahami kosakata dengan mendeduksi makna kata dalam konteks. Selain itu, membantu dengan penyimpanan informasi untuk periode waktu yang lama dan pengetahuan yang dihasilkan dari pembacaan intensif tetap ada dalam memori jangka panjang Anda.

Ini adalah salah satu alasan mengapa membaca sejumlah besar informasi sebelum ujian tidak bekerja dengan baik. Siswa cenderung melakukan hal tersebut, dan mereka tidak melakukan jenis proses membaca secara efektif, terutama mengabaikan membaca intensif. Mereka mungkin mengingat jawaban dalam suatu ujian tetapi kemungkinan akan melupakan semuanya segera setelah itu.

Membaca Secara Luas atau Extensive

Membaca ekstensif melibatkan membaca untuk kesenangan. Karena ada unsur kesenangan dalam membaca ekstensif, kecil kemungkinannya bahwa siswa akan membaca teks yang tidak mereka sukai. Ini juga membutuhkan decoding dan asimilasi teks dan konten di depan Anda.

Baca Juga: 10 Keuntungan dari Membaca: Mengapa Anda Harus Membaca Setiap Hari

Jika teks sulit dan Anda berhenti setiap beberapa menit untuk mencari tahu apa yang dikatakan atau mencari kata-kata baru dalam kamus, Anda memecah konsentrasi dan mengalihkan pikiran Anda.

Apakah kemampuan untuk mempelajari dan mengasimilasi informasi juga bersifat genetis?

Bukan hal yang aneh bagi orang untuk mengasosiasikan anak-anak yang cerdas atau cerdas dengan orang tua yang sama-sama cerdas. Seringkali anak-anak dari orang tua yang memiliki profesi tampak lebih pintar.

Namun, penting untuk dicatat pertama dan terutama, bahwa kecerdasan akademik hanya satu bentuk kecerdasan dan bahkan seorang profesor universitas yang mendapat nilai tinggi dalam kecerdasan akademik, mungkin orang yang paling tidak praktis, menemukan kesulitan untuk secara pragmatis menyelesaikan masalah untuk tugas sehari-hari yang sederhana.

Gagasan kecerdasan adalah sesuatu yang sangat kompleks dan beragam, dan untuk membuatnya menjadi hanya satu kata berarti mencabut banyak konotasi dan makna yang sebenarnya diwujudkan.

Para ilmuwan tidak menemukan hubungan yang masuk akal antara gen kita dan kemampuan kita untuk belajar atau kecerdasan kita.

Tidak ada tes DNA genetik yang dapat memprediksi kecerdasan karena kecerdasan disebabkan oleh lingkungan Anda. Sangat mungkin bahwa anak-anak dengan orang tua yang menjalankan profesi tampak lebih cerdas karena orang tua mereka secara langsung atau langsung mendorongnya.

Kemungkinan besar, juga terbukti bahwa orang tua yang mengabaikan anak-anak mereka dan tidak memaksakan komitmen sekolah mereka (mengerjakan pekerjaan rumah, masa belajar, dll.) akan memiliki kinerja yang kurang baik di sekolah dan terlihat “kurang cerdas”.

Baca Juga: Inilah Cara Anda Kembali ke Dunia Bisnis Setelah Istirahat

Sekali lagi, terbukti mengapa anak-anak yang tidak memiliki kesempatan untuk bersekolah mungkin dianggap apa pun selain “cerdas”.

Gunakan tips-tips ini untuk membaca sekilas dan memindai untuk membantu meningkatkan semua bacaan Anda dan terutama ketika Anda belajar untuk ujian.

Baca Juga: Platform Rekrutmen Gradujuana Gagal Sampai Berganti Nama Menjadi Vangst

Nah, itulah teknik membaca yang berbeda dan mengerti kapan Anda harus menggunakannya yang perlu Anda ketahui. Sehabis dari situ Anda dapat mengisi waktu luang dengan bermain http://162.0.232.17 yang sangat mudah atau juga memperoleh segala informasi tentang pekerjaan di sini.

Pamela Riley