Tujuan dari Membaca

Tujuan dari Membaca – Tujuan dari membaca adalah untuk menghubungkan ide-ide di halaman dengan apa yang sudah Anda ketahui. Jika kamu tidak tahu apapun tentang subjek, lalu menuangkan kata-kata teks ke dalam pikiran Anda seperti menuangkan air ke tangan Anda.

Baca Juga: Teknik Membaca yang Berbeda dan Kapan Menggunakannya

Anda tidak mempertahankan banyak informasi tersebut. Misalnya, coba baca angka-angka ini:

7516324: Ini sulit dibaca dan diingat.

751-6324: Ini lebih mudah karena kombinasi angka terbagi.

123-4567: Ini mudah dibaca karena pengetahuan dan struktur sebelumnya.

Demikian pula, jika Anda suka olahraga, maka membaca halaman olahraga itu mudah. Anda memiliki kerangka kerja dalam pikiran Anda untuk membaca, memahami dan menyimpan informasi.

Baca Juga: Keterampilan Dasar Membaca

Meningkatkan Pemahaman

Pemahaman membaca membutuhkan motivasi, kerangka kerja mental untuk memegang ide, konsentrasi dan teknik belajar yang baik. Berikut adalah beberapa saran.

Kembangkan latar belakang yang luas

Perluas pengetahuan latar belakang Anda dengan membaca koran, majalah, dan buku. Menjadi tertarik dalam berbagai peristiwa di dunia.

Ketahui struktur paragraf

Penulis yang baik menyusun paragraf yang memiliki awal, tengah dan akhir. Seringkali, kalimat pertama akan memberikan gambaran umum yang membantu menyediakan kerangka kerja untuk menambahkan rincian. Juga, cari kata transisi, frasa atau paragraf yang mengubah topik.

Baca Juga: Mengapa Membaca Itu Penting?

Identifikasi jenis alasannya

Apakah penulis menggunakan sebab dan akibat penalaran, hipotesis, pembangunan model, induksi atau deduksi, sistem berpikir?

Antisipasi dan prediksi

Pembaca yang benar-benar cerdas mencoba mengantisipasi penulis dan memperkirakan ide dan pertanyaan selanjutnya. Jika kamu benar, ini memperkuat pemahaman Anda. Jika Anda salah, Anda membuat penyesuaian yang lebih cepat.

Cari metode pengorganisasian

Apakah materi disusun secara kronologis, serial, logis, fungsional, spasial, atau hierarkis? Lihat bagian 10 untuk lebih banyak contoh tentang organisasi.

Baca Juga: Apa Itu Membaca?

Ciptakan motivasi dan minat

Pratinjau materi, ajukan pertanyaan, diskusikan gagasan dengan teman sekelas. Semakin kuat minat Anda, semakin besar pemahaman anda.

Perhatikan isyarat pendukung

Pelajari gambar, grafik, dan header. Baca paragraf pertama dan terakhir dalam satu bab, atau kalimat pertama di setiap bagian.

Baca Juga: 10 Keuntungan dari Membaca: Mengapa Anda Harus Membaca Setiap Hari

Sorot, rangkum dan tinjau

Membaca buku saja tidak cukup. Untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam, Anda harus menyoroti, merangkum dan mengulas ide-ide penting.

Bangun kosakata yang bagus

Bagi kebanyakan orang berpendidikan, ini adalah pekerjaan seumur hidup. Cara terbaik untuk meningkatkan kosakata Anda adalah dengan menggunakan kamus secara teratur.

Baca Juga: Platform Rekrutmen Gradujuana Gagal Sampai Berganti Nama Menjadi Vangst

Anda mungkin membawa kamus saku dan menggunakannya untuk mencari kata-kata baru. Atau, Anda dapat menyimpan daftar kata-kata untuk dicari di akhir hari. Berkonsentrasi pada inti, awalan, dan akhir.

Gunakan teknik membaca yang sistematis seperti SQR3

Kembangkan gaya membaca yang sistematis, seperti metode SQR3 dan sesuaikan dengan prioritas dan tujuan. Langkah-langkah SQR3 termasuk Survei, Pertanyaan, Baca, Ucapkan dan Tinjau.

Baca Juga: Inilah Cara Anda Kembali ke Dunia Bisnis Setelah Istirahat

Memonitor efektivitas

Pembaca yang baik memantau perhatian, konsentrasi, dan efektivitas mereka. Mereka dengan cepat mengenali jika mereka sudah melewatkan ide dan cadangan untuk membaca ulang.

Pamela Riley